TOPIK HANGAT

9 Nov 2011

Demokrat Pilih Pimpinan KPK Sesuai Ranking

Jakarta - Fit and proper test calon pimpinan KPK akan digelar pekan depan. Partai Demokrat (PD) mempertimbangkan ranking Pansel KPK dalam memilih pimpinan KPK.

"Yang akan dipilih tentu nanti sangat tergatung dari fit and proper test oleh DPR dan FPD akan memilih yang terbaik. Pertimbangan Pansel dalam ranking bisa dijadikan pertimbangan, tapi itu bukan sesuatu yang mutlak, meski yang dikirim pansel sudah yang terbaik yang ada," ujar sekretaris FPD DPR, Saan Mustopa, kepada detikcom, Kamis (10/11/2011).

Demokrat juga tidak akan mempermasalahkan delapan atau 10 capim KPK. Juga akan mendorong komisi III langsung melakukan fit and proper test terhadap 8 pimpinan KPK.

"Demokrat tetap sesuai yang diusulkan Pansel, menerima yang dikirimkan KPK 8 orang. Karena dasar hukum sangat kuat yang dikirimkan sesuai yang dibutuhkan. Pemerintah mengirim delapan bukan tanpa dasar hukum, dasar hukumnya dari Mahkamah Konstitusi. Kita akan tetap memilih empat, tidak ada dasar menolak usulan Pansel yang sudah disetujui Presiden," terangnya.

Mengenai nama-namanya, menurutnya belum final. Meski kemungkinan besar dua nama teratas difavoritkan.

"Dari delapan nama terbaik itu kita cari empat yang terbaik. Ada diantara nama-nama yang publik sudah relatif paham. Seperti Pak Bambang Widjojanto dan Yunus Husein. Bukan berarti nama-nama lain tidak bagus. Tapi dua nama itu di mata publik cukup menonjol,"bebernya.

Berikut 8 nama calon pimpinan KPK hasil seleksi Pansel yang dikirim Presiden ke DPR, berdasarkan ranking:

1. Bambang Widjojanto
2. Yunus Husein
3. Abdullah Hehamahua
4. Handoyo Sudradjat
5. Abraham Samad
6. Jaksa Zulkarnain
7. Adnan Pandu Praja
8. Irjen Pol (Purn) Aryanto Sutadi

(van/gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar