TOPIK HANGAT

10 Nov 2011

Dispora Bangun ‘Sport Center’

BANDAR LAMPUNG (lampost): Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung membangun beberapa venue sarana olahraga atau sport center di Kalianda, Lampung Selatan.
Pembangunan sport center tersebut nantinya akan dipusatkan di wilayah Kalianda, Lampung Selatan, dan rencananya mulai dibangun tahun 2013. "Saat ini masih dalam tahap pembuatan masterplan. Mudah-mudahan tahun 2013 pembangunan sport center sudah bisa dikerjakan," kata Kadispora Lampung Sugiarto kemarin.
Menurut dia, dengan keberadaan sport center tersebut, diharapkan selain dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga dapat merangsang prestasi olahraga di Lampung untuk lebih maju.
"Tidak dapat dipungkiri, faktor ketersediaan sarana dan prasarana sangat menunjang pembinaan olahraga yang nantinya tentu berdampak baik dalam peningkatan prestasi atlet," ujar Sugiarto.
Beberapa fasilitas olahraga yang nantinya akan dibangun di areal sport center tersebut di antaranya sirkuit grass track dan road race, lalu stadion sepak bola, gedung olahraga (GOR), venue kolam renang, dan asrama.
Mengenai kualitas, semua venue yang terdapat di sport center tersebut nantinya disesuaikan dengan standar internasional. "Semua fasilitas nantinya akan dibangun dengan mengacu standar internasional," ujarnya.
Dana ‘Sharing’
Dengan keberadaan berbagai fasilitas olahraga tersebut, kata Sugiarto, nantinya dapat dimanfaatkan untuk menggelar berbagai kejuaraan yang bersifat multievent.
Dengan begitu, geliat olahraga di Lampung akan semakin meningkat karena sudah pasti tidak hanya atlet nasional yang akan ambil bagian, tapi juga atlet mancanegara.
Mengenai dana pembangunan sport center tersebut, menurut Sugiarto, akan berasal dari dana sharing APBD Provinsi, APBD Pemkab Lamsel, dan dari Pemerintah Pusat atau dana APBN.
Keberadaaan sarana dan prasarana penunjang olahraga memang sudah tidak bisa lagi ditunda-tunda, mengingat prestasi olahraga di Lampung kian waktu semakin menujukkan tingkat kemunduran.
Dengan fasilitas olahraga yang menunjang sudah pasti rasa nyaman dan sistem pembinaan akan berjalan sesuai harapan. Sebagai contoh, Lampung bisa berorientasi dari peningkatan prestasi daerah lain di Sumatera seperti Pekanbaru dan Sumatera Selatan.
Keberadaan fasilitas olahraga lengkap yang berada di kedua daerah tersebut, secara signifikan mampu mendongkrak prestasi para atletnya. "Siapa yang tidak iri melihat fasilitas olahraga yang lengkap seperti di Palembang," kata Sugiarto. (YAR/O-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar