TOPIK HANGAT

10 Nov 2011

Cegah Diabetes dengan Kontrol Makanan dan Minuman

Kontrol konsumsi makanan dan minuman, sudah menjadi suatu keharusan dan kebiasaan yang dijalani dalam keluarga Ratih Sri Hartini sehari-harinya. Ini dimaksudkan sebagai upaya pencegahan penyakit diabetes, terutama pada bahan makanan yang tinggi gula.

Diakui Ratih, beberapa anggota keluarganya mengidap dan memiliki gejala penyakit kencing manis ini. Oleh sebab itu, belajar dari pengalaman ini, Ia dan anggota keluarga lainnya melakukan antisipasi sejak dini. Pun demikian, untuk pencegahan dengan menerapkan olahraga rutin tiap pagi.

"Dalam keluarga, olahraga teratur adalah kegiatan rutin yang kami laksanakan, minimal lari - lari kecil tiap hari. Control makanan dan minuman mengandung gula, juga menjadi keutamaan pada keluarga saya. Misalnya dengan mengurangi kadar gula dalam minuman, atau mengganti gula biasa menjadi gula jagung yang kadar gulanya rendah," kata cewek penyuka minum teh ini.

Dia menambahkan, pola hidup sehat dan teratur merupakan keputusan bijak untuk mengurangi dampak risiko dari penyakit ini. Untuk itu, tidak ada salahnya jika melakukan pencegahan sejak dini, mengetahui penyebab dan informasi lebih tentang berbagai penyakit ini, serta banyak belajar melalui pengalaman orang lain.(ferika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar