TOPIK HANGAT

11 Des 2011

HARGA CABE MERAH MENINGKAT DRASTIS


Harga cabe merah disejumlah pasar tradisional di Indonesia saat ini berkisar antara 80 ribu hingga 100 ribu Rupiah per kilogram. Kenaikan ini hampir mencapai dua kali lipat lebih dari harga cabe merah sebelumnya, yang biasanya harga cabe merah hanya sekitar 45.000 rupiah perkilogram.

Para pedagang mengungkapkan, pasokan cabe merah ke sejumlah pasar tradisional berkurang drastis, akibat gagal panen karena cuaca yang tidak menentu. Akibatnya, harga cabe merah pun meroket. Selain itu dengan kelangkaan cabe merah di pasaran, justru dimanfaatkan para spekulan untuk menimbun komoditi tersebut.

Menurut seorang pedagang cabe, wagiman warga Talang Padang,  harga cabe merah pada saat ini melonjak dari harga-harga pasaran biasa,  “Sekarang harga cabe merah melonjak hingga mencapai 90 ribu Rupiah, yang paling tinggi cabe rawit merah, harganya 100 ribu Rupiah, hal ini karena cuaca yang tidak menentu,  Jadi petani pada gagal panen” kata Wagiman.

Terjadinya kenaikan cabe merah dipasaran, menurut Wagiman, dengan meroketnya harga cabe merah ini dimanpaatkan para spekulan yang  mengambil keuntungan, “ ini kemungkinan Permainan spekulan saja, ditambah lagi dengan keadaan cuaca yang membuat gagal panen,  padi, sayuran” lanjutnya.

Sementara, dengan  naiknya harga cabe merah dikeluhkan oleh sebagian  masyarakat, sebagai konsumen yang  berharap harga cabe merah segera kembali normalkembali normal. Seperti yang diungkapkan  seorang ibu rumah tangga,  Anah, warga Talang Padang, yang merasa kesulitan dengan naiknya harga cabe merah ini, sebagai konsumen yang menggunakan bahan cabe merah untuk bumbu untama makanan yang dijajakan diwarung makannya,  “sangat merepotkan, apalagi rakyat kecil yang tidak punya penghasilan, Cabe ini adalah kebutuhan  dasar bumbu dapur, jadi kalau harganya selangit jelas membuat susah ibu rumah tangga yang penghasilan suaminya pas-pasan, ujar Anah, (Ham )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar