TOPIK HANGAT

11 Des 2011

Andi Kumpulkan DPC Tagih Laporan


BandarLampung,- Menghadapi agenda Rakernas dan HUT ke 5 Hanura yang makin dekat DPD Hanura Lampung  gelar rapat persiapan mengundang seluruh DPC se-Provinsi Lampung sabtu (10/12) lalu. Rapat digelar di ruang rapat kantor DPD Hanura di Jalan KH. Ahmad Dahlan Pahoman Bandar Lampung. Rapat dibuka langsung oleh ketua DPD Hanura  DR.Can.Andi Surya, MM.

DPC yang hadir seluruhnya ada 11 DPC yaitu Bandar Lampung, lampung Selatan, Lampung timur, Lampung Utara, Tulang Bawang Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Barat dan  Metro. Sedangkan yang  tidak hadir  DPC Way Kanan, Tulang Bawang, dan Mesuji.

Dalam sambutannya Andi  menyinggung tentang hasil survei yang dilakukan beberapa waktu lalu dan melibatkan kurang lebih 260 mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Partai Hanura.

Hasil survei menurut Andi cukup menggembirakan. “Memang saat ini yang dikenal masyarakat masih tetap partai-partai besar namun Partai Hanura masih menempati posisi ke lima, hasil dari survei tersebut, hal itu kabar yang cukup bagus, namun itu baru di sekitaran Gedung Meneng saja, ke depan akan kita perluas skupnya”  urainya menjelaskan hasil survei yang dilakukan tim survei pemenangan Hanura.

Andi juga menegaskan, persoalan isu yang sempat menghangat beberapa waktu yang lalu mengenai ketidak aktif-an dari beberapa pengurus DPD yang sempat di singgung di forum pembekalan  pasca pelantikan Bappilu, Badiklat, LBH Hanura beberapa minggu yang lalu di Gedung Global Suraya. Isu tersebut sempat dilontarkan oleh  Ferdinan Sampurna Jaya, mantan ketua DPD Hanura yang saat ini menjadi salah satu anggota DPR RI dari Partai Hanura.

Andi berjanji bila persoalan itu akan segera diselesaikan dan  dievaluasi. “Yang saya lihat hal memang hampir 50% pengurus DPD tidak aktif, sebagian masih terbawa-bawa persoalan lama, hal itu akan segera kita evaluasi begitu juga untuk tingkatan DPC semuanya akan kita bereskan” ujarnya penuh wibawa.

“Ngapain namanya ada di kepengurusan tapi setiap ada acara atau rapat tidak pernah hadir, untuk nama-nama yang tidak aktif akan segera kita reposisi, semoga persoalan ini tidak berlarut-larut dan cepat selesai”, tandasnya lagi meyakinkan forum rapat.

Andi juga menjelaskan bahwa menghadapi pemilu yang akan datang Partai Hanura Lampung masuk dalam 10 DPD yang menjadi proritas pemenangan pemilu, sedangkan propivinsi yang lain masuk katagori penyangga. Maka Andi meminta kepada seluruh pengurus baik DPD dan DPC agar bersama bahu membahu membesarkan Partai Hanura.

Dari Laporan DPC-DPC yang hadir melaporkan tentang kesiapan untuk perayaan HUT Hanura ke 5, dilaporkan diantaranya dari DPC Kota Bandar Lampung yang di laporkan langsung oleh ketuanya Erwan menyatakan bahwa DPC Hanura Bandar Lampung akan mengadakan acara sunatan massal.

Sedangkan untuk pembentukan kepengurusan di tingkat ranting, Erwan menjelaskan bila kepengurusan ranting belum dibentuk karena masih menunggu keputusan pemkot mengenai rencana pemekaran beberapa kecamatan di Bandar Lampung. “Jadi kita menunggu dulu keputusan tersebut bila sudah pasti, baru kita bentuk kepengurusannya” katanya melaporkan.

Erwan juga menyarankan masalah pelantikan Bappilu Kota dan Kabupaten agar dilakukan bersamaan.” Usul saya pelantikannya nanti dipusatkan seperti pelantikan Bappilu DPD beberapa waktu yang lalu, agar gaungnya lebih besar” ujarnya memberikan usul.

Sementara DPC Metro yang dilaporkan langsung oleh ketuanya Zanuri yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kota Meto mengatakan bila DPC Metro sudah siap untuk menyelenggarakan perayaan HUT Hanura ke 5 dengan mengadakan festival Kuda Lumping yang melibatkan seluruh seniman kuda lumping se-kota Metro.

Sedangkan DPC Lampung Selatan mengeluhkan tentang rekrutmen pilkada yang selama ini selalu potong kompas. “Kami harap rekrutmen untuk pilkada tidak seperti kemarin langsung dibawa ke DPP tapi harus melalui mekanisme di DPC dahulu”. Ujarnya mengeluhkan.

“Kemudian untuk proses Pergantian Antar Waktu (PAW) menurut kami hendaknya menjadi wewenang DPD jadi bukan di pusat, jadi tidak berlarut-larut hal ini sangat merugikan kami, seperti yang terjadi pada anggota kami yang meninggal, seharusnya sudah di PAW” katanya mengungkapkan permasalahan di DPC Lampung Selatan.

Dari inti rapat yang memakan waktu hampir dua jam tersebut akhirnya di dapatkan 2 kesepakatan yang pertama bahwa Proses rekrutmen penjaringan pilkada harus di dukung dari arus bawah.

Yang kedua proses PAW harus diproses sesuai tingkatan (DPRD) kabupaten atau kota oleh DPD untuk memudahkan birokrasi yang berbelit, sementara untuk pelaksanan HUT, DPD Hanura akan menjadwalkan pelaksanaannya setelah Rakernas tanggal 20 sampai 22 Desember yang akan datang. (fey)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar