TOPIK HANGAT

20 Nov 2011

Siang Ini, KPI Panggil tvOne Soal 'Charity Settingan'






Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memastikan akan memanggil pihak tvOne untuk meminta klarifikasi terkait banyaknya aduan mengenai acara 'Sosialite' edisi Sabtu (19/11) malam. Pihak tvOne akan diundang untuk didengar klarifikasinya siang ini.

"Iya nanti rencananya pukul 12.00 WIB," ujar Wakil Ketua KPI, Nina Muthmainnah saat dihubungi detikcom, Senin (21/11/2011).

Nina menjelaskan, pihaknya akan terlebih dahulu mendengar penjelasan tvOne terkait tudingan mengenai acara itu. Klarifikasi yang didapat akan menentukan apakah KPI perlu memanggil pihak yang lain untuk bisa menjernihkan masalah.

"Kami akan lihat klarifikasi dari lembaga penyiaran ini, apakah perlu kami memanggil pihak yang lain," tegasnya.

Edisi yang ramai diperbincangkan di lini masa twitter yang bermula dari tulisan berjudul 'Charity Settingan' dari pemilik akun @justsilly atau Valencia Mieke Randa menuai pro kontra. Para pemirsa TV pun banyak mengadukan hal ini kepada para komisioner KPI.

Kisah ini berawal saat Silly diminta oleh Fifie Buntaran untuk datang ke acara amal yang berlangsung di Hotel Sheraton, Kamis lalu. Pegiat sosial itu diundang untuk menjelaskan kepada peserta amal tentang Nando, bocah kecil yang menderita gagal ginjal.

Alangkah bahagianya Silly saat acara amal tersebut mendapat respons sangat positif. Gaun-gaun yang ditampilkan dalam acara Charity Fashion Show tersebut terjual puluhan juta, bahkan ada yang terjual Rp 100 juta. Ditegaskan dia, acara amal malam itu memang didedikasikan untuk menyumbang Nando.

Dalam hati, Silly berpikir semua uang yang dihasilkan dalam malam amal tersebut akan disumbangkan ke Nando. Tapi alangkah kagetnya dia. Saat acara selesai, ternyata tidak ada tanda-tanda transaksi, apalagi komitmen dari panitia untuk menyumbang Nando.

Silly, yang mendapat informasi acara itu merupakan settingan panitia dan tvOne, mengaku telah meminta tvOne meng-cut gambar dirinya dan juga Nando. Akan tetapi, kala melihat tayangan Socialite tvOne, dirinya dan juga Nando tetap tersorot kamera.

Fifie ketika dikonfirmasi membantah acara itu settingan. Menurut Fifie, Valencia Mieka Randa (Silly), pihak yang akan menerima sumbangan untuk nantinya diserahkan kepada Nando, bocah penyandang gagal ginjal, telat datang di acara amal. Sehingga uang hasil amal diserahkan kepada pihak lain yang juga membutuhkan.

"Karena dia telat datang, kita berembug dan akhirnya mengalihkan dana kepada pihak lain yang membutuhkan," kata Fifie saat dihubungi detikcom.

Sementara tvOne menyangkal terlibat dalam acara bertajuk "Charity Fashion Show" yang dituding penuh rekayasa. Sebagaimana media lainnya, tvOne hadir ke acara amal yang digelar para sosialita itu untuk meliput.

"Jadi kalau ada pihak tertentu merasa ada settingan, kita tidak tahu itu. Tanya saja kepada panitia. Kalau dikatakan kita yang setting, saya garansi 100 persen itu nggak benar," ujar General Manager News and Sports tvOne, Totok Suryanto, kepada detikcom, Minggu (20/11).


Sumber : detik.com(mok/nvc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar