TOPIK HANGAT

13 Nov 2011

Wamen ESDM Usul Bensin Premium Naik Rp 1000/Liter

Jakarta - Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo lagi-lagi menyampaikan ide-ide agresifnya soal bidang energi. Ia mengusulkan harga BBM bersubsidi jenis Premium dinaikkan Rp 1000/liter menjadi Rp 5500/liter bagi orang yang mampu namun tidak mau membeli Pertamax.

Hal ini disampaikan olehnya ketika ditemui di Oh La La Cafe suai menghadiri diskusi publik, Jakarta, Senin (14/11/2011).

"Saya setuju jika harga Premium dinaikkan menjadi Rp 5.500. Itu untuk mobil pribadi yang nggak kaya dan tidak mau membeli Pertamax. Kalau seperti Pak Jero (Menteri ESDM) masa' pakai Premium," ungkap Widjajono.

Untuk mencegah melonjaknya inflasi, Widjajono mengatakan hal tersebut bisa dilakukan dengan menerapkan sistem cash back kepada transportasi umum atau angkutan barang yang juga dinaikkan menjadi Rp 5.500 ketika membeli BBM Bersubsidi.

"Jadi nanti mereka dikembalikan lagi sesuai selisihnya sesuai dengan harga BBM Bersubsidi, supaya inflasi tidak naik," tuturnya.

Hal ini bisa dilakukan secepatnya, namun diakui memang harus membutuhkan koordinasi antar kementerian untuk itu. Menurutnya untuk jangka panjangnya, gas bisa digunakan sebagai pengganti BBM. Kendaraan transportasi umum maupun pribadi disiapkan untuk menggunakan bahan bakar gas.

"Sekarang kan harga gas masih Rp 3000-an, padahal kalau dinaikkan keekonomian itu masih murah, Rp 4000-an. Lebih murah dari BBM yang disubsidi. Lalu ke depannya, kendaraan bisa diberikan converter kit. Kalau converter kita kemahalan, sampai Rp 10 juta, kita bisa subsidi converter kit-nya sampai Rp 5 juta. Kalau untuk penggunaan energi yang murah kenapa tidak," ujar Widjajono.

(nrs/hen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar