TOPIK HANGAT

13 Nov 2011

Tradisi Gonta-ganti Mobil Anggota DPR



Jakarta - Gonta-ganti mobil mewah saat mengantor sudah menjadi tradisi di DPR. Beberapa anggota DPR pun mengakuinya.

Gonta-ganti mobil dianggap bukan merupakan gaya hidup mewah. Karena mobil tersebut mereka beli sebelum menjadi anggota DPR.

Sebut saja anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo. Ia punya dua mobil mewah Bentley dan Hummer. Keduanya ia beli sebelum menjadi anggota DPR.

Menurut politikus Golkar ini, dua mobil itu jarang ia pakai ke kantor. Ia lebih sering memakai dua mobil lainnya, yang tentu juga bukan mobil sederhana.

"Sebenarnya saya sendiri jarang pakai mobil itu ke kantor. Saya lebih sering pakai Jeep. Bahkan mungkin, teman-teman di DPR lebih sering lihat saya pakai Terano," kata Bambang, kepada wartawan, Senin (14/11/2011).

Saat gaya hidupnya dikritik, ia pun enggan disebut hidup mewah. Ia juga tak berniat menjual mobil mewahnya.

"Jadi sebelum masuk DPR sudah ada. Apa harus saya jual? Bagi saya yang penting jangan sombong, arogan dan pamer," katanya.

Namun tak hanya Bambang yang suka gonta-ganti mobil kalau ke 'rumah rakyat' itu. Ketua Komisi III DPR Benny K Harman juga demikian. Benny kerap mengganti mobil sesuai selera.

"Saya biasa pakai Ford Escape kalau enggak Harrier," tutur Benny.

Ruhut Sitompul, anggota Komisi III DPR ini juga senang berganti-ganti mobil Ferrari. Pengacara sukses ini jarang memakai mobil mewahnya ke DPR.

"Nggak enak lah," tutur Ruhut.

Namun tak jarang juga anggota DPR yang punya mobil mewah, namun memilih menggunakannya pada saat yang tepat. "Kalau ke Dapil ya jangan pakai mobil mewah, nanti kayak pamer. Yang penting hidup ini otentik, apa adanya," tutur Wasekjen PD yang juga sekretarus FPD DPR, Saan Mustopa.


(van/feb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar