TOPIK HANGAT

5 Des 2011

Demokrat Siapkan Tim Survei Untuk Pemenangan Pilkada



Bandar Lampung, Komering Post- DPD Demokrat Lampung siapkan tim 9 dan tim survei untuk menjaring calon bupati di tiga kabupaten yaitu Tulang Bawang, Tanggamus, dan Lampung Barat. Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris DPD Demokrat Lampung Fajrun Najah Ahmad di kantor DPD Demokrat kemarin (05/12)

Fajrun mengungkapkan secara gamblang tentang mekanisme pencalonan melalui Partai Demokrat. Menurut nya nantinya akan dibentuk tim yang bernama tim 9 yang merupakan gabungan dari tiga unsur yaitu 3 orang dari DPP, 3 orang dari DPD, 3 orang lagi dari DPC. “ Tim 9 inilah yang nantinya bertanggung jawab menyiapkan pendaftaran, penyaringan dan penjaringan calon’” tuturnya menjelaskan.

“Selanjutnya calon menyampaikan misi dan visi dihadapan pengurus DPD, DPC hingga pengurus tingkat ranting. Dari hasil penjaringan tersebut nantinya akan dilihat siapa siapa saja yang memilik program yang benar benar dibutuhkan untuk kesejahteraan rakyat” katanya lagi membeberkan mekanisme pencalonan. “Struktur dari bawah inilah nantinya yang akan memberikan masukan kepada Partai tentang siapa saja yang layak masuk dalam bursa pencalonan dan dilaporkan kepada tim 9” tambahnya lagi.
           
Tahapan selanjutnya menurut Fajrun, yang juga merupakan salah satu mantan jurnalis senior ini adalah Tim 9 kemudian melakukan perengkingan siapa saja bakal calon yang terpilih tersebut. Hasil dari perengkingan ini kemudian dirapatkan di DPD dan dilakukan pematangan. “Sebab ketua tim 9 juga merupakan ketua DPD, sedangkan sekretaris tim 9 adalah ketua DPC setempat. Hasil dari rapat tersebut kemudian direkomendasikan ke DPP, dan setelah itu hasil dari keputusan tersebut baru dipadukan dengan hasil dari tim survei” katanya dengan semangat.
      
 Untuk tahapan survei minimal diadakan tiga kali survei. Hal itu dilakukan sebagai upaya agar calon yang dihasilkan nanti adalah benar benar merupakan pilihan dan keinginan mayoritas masyarakat setempat. “Hasil survei itu nantinya akan dibeberkan ke masyarakat untuk menilai tingkat elektibilitas dan kapabilitas calon, namun semua keputusan nantinya tetap berada di DPP” lanjutnya.
          
 Menurut Fajrun, mekanisme dan aturan yang akan diberlakukan tersebut sudah baku dan harga mati, hal itu akan diberlakukan kepada siapa saja baik untuk kader internal maupun eksternal yang akan maju mencalonkan diri. Fajrun  menjamin bahwa tidak akan ada cara cara kotor untuk menggoalkan calon tertentu” Tidak ada acara potong kompas atau bermain bawah meja, bila ada yang mengatakan sudah mengantongi rekomendasi DPD itu bohong, karena tahapannya saja saat ini baru akan dilaksanakan” jelasnya lagi.

 Ketika ditanyakan tentang siapa saja yang akan maju kepertarungan di tiga Kabupaten dia juga menjelaskan saat ini sudah ada beberapa yang mencoba untuk maju tapi itu baru wacana seperti  Hery Wardoyo yang akan maju di tuba, Firman Yani dan Sundari dari Lampung Barat, dan H.M. Umar mantan ketua DPC Tanggamus.
          
Mengenai koalisi, Fajrun mempersilahkan kepada DPC untuk menjalin koalisi dengan siapa saja termasuk PDIP. Dengan catatan memiliki pemahaman yang sama dan semangat yang sama untuk memenangkan pilkada.
          
Ketika diminta komentarnya mengenai rencana pemenangan BE 1 Fajrun menjelaskan bahwa belum ada pembicaraan kearah itu.”Saat ini kami masih fokus penanganan pilkada di tiga daerah tersebut, dan mengenai pemenangan BE 1 akan dibahas lebih lanjut”. Katanya menolak berkomentar masalah siapa yang akan di gadang untuk menjadi calon BE 1. Saat disinggung apakah ketua DPD Demokrat Ridho Ficardo akan maju kepencalonan dia mengatakan itu mungkin saja. “soal itu akan kita bahas lebih lanjut setelah pemenangan di tiga kabupaten ini selesai” katanya menutup pembicaraan.(Fey)
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar