TOPIK HANGAT

14 Nov 2011

Parkir di Pusat Perbelanjaan Lampung Tidak Aman

Bandar Lampung, ( Komering Post). Bila anda hobby berbelanja di pusat pusat perbelanjaan di Bandar Lampung dengan membawa kendaraan pribadi mobil atau motor pribadi berhati hatilah karena saat ini sedang marak pencurian dengan modus memecahkan kaca atau mendongkel pintu kendaraan yang sedang diparkir di dalam mall.

Seperti yang terjadi kemarin (13/11/11) di dua pusat perbelanjaan terkenal di Lampung yaitu Central Plaza dan Mall Kartini dalam waktu yang hampir bersamaan telah terjadi tindak pencurian di dua tempat yang berbeda dengan modus yang sama yaitu pencurian dengan memecah kaca kendaraan dan mendongkel pintu serta bagasi mobil.

Dari keterangan yang di dapat dari petugas Polresta Bandar Lampung kemarin, di Central Plaza  jalan Kartini pemilik sebuah mobil sedan telah mengalami  kehilangan uang sebesar 5 juta dan sebuah Laptop.Sedangkan di Mall Kartini Sebuah sedan Mercy keluaran lama milik Yulizar Trias Saputra, SH seorang PNS yang bertugas di Binkum Polda Lampung kaca mobil miliknya dipecah dan dirusak konci bagasinya. Beruntung bagasi tidak sempat terbuka dan tidak ada kehilangan yang berarti,  kerugian yang dialami hanya kerusakan kaca dan konci bagasi mobil saja. Yulizar kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Bandar Lampung.

Ketika diminta pertanggungjawaban kepada petugas parkir mulanya mereka mencoba mengelak bahwa hal tersebut bukan tanggung jawab mereka. Namun setelah bernegosiasi akhirnya mereka bersedia mengganti rugi kerusakan yang dialami oleh mobil Mercy miliknya.

Menurut petugas parkir yang mengelola parkir di Mall tersebut mereka adalah outsorsing dan parkir tersebut dikelola oleh pihak ketiga yang berasal dari Jakarta.Jadi bila ada kehilangan maupun kerusakan maka untuk penggantian akan dibebankan kepada mereka yang hari itu bertugas.Pihak Management Mall tidak mau tahu dengan kejadian tersebut.

Dari pengamatan memang nampak pengawasan terhadap parkir kendaraan di Mall Kartini sangat lemah. Dari begitu luas tempat parkir hanya 4 orang yang bertugas mengawasi dan tidak ada Security. Begitu juga dengan CCTV tidak ada sama sekali. Hal tersebut tentu saja peluang empuk bagi para pelaku untuk melakukan tindakan pencurian seperti yang terjadi kemarin.

Disarankan kepada para pemilik kendaraan mobil pribadi maupun motor bila parkir di tempat tempat umum ataupun di Mall tetaplah waspada. Janganlah meninggalkan barang barang berharga di kendaraan anda seperti tas, uang, Laptop maupun phoncell. Karena akan menjadi sasaran empuk para pelaku tindak pencurian yang akhir akhir ini semakin marak di Bandar Lampung.(fer)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar