TOPIK HANGAT

11 Nov 2011

AS Ingatkan Serangan ke Iran Berdampak Serius Bagi Timur Tengah




Mahmoud Ahmadinejad (Reuters)
Washington - Spekulasi serangan Israel ke Iran kian berhembus kencang. Namun Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Leon Panetta mengingatkan risiko-risiko yang akan terjadi dari serangan militer ke Iran.

Dikatakan Panetta, serangan itu akan memiliki dampak serius bagi wilayah Timur Tengah termasuk jika serangan itu ternyata tidak benar-benar menghentikan program nuklir Iran.

"Kita harus hati-hati dengan konsekuensi-konsekuensi yang tidak diinginkan," kata Panetta kepada para wartawan di Washington seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (11/11/2011).

"Dan konsekuensi itu bisa melibatkan bukan hanya tidak benar-benar mencegah Iran melakukan apa yang ingin mereka lakukan, namun lebih penting lagi, itu akan berdampak serius bagi wilayah dan akan berdampak serius bagi pasukan AS di wilayah tersebut," tandas Panetta.

Spekulasi serangan Israel ke Iran meningkat setelah Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) merilis laporan terbaru mengenai aktivitas nuklir Iran pada Selasa, 8 November lalu. Dalam laporan itu disebutkan adanya bukti yang menunjukkan program nuklir Iran digunakan untuk melakukan riset mengenai bagaimana menaruh hulu ledak nuklir ke rudal-rudal balistik Iran.

Pemerintah Iran telah membantah laporan tersebut sebagai tidak berdasar dan bermotif politik serta didasarkan pada tekanan pemerintah Amerika Serikat. Menanggapi ancaman serangan Israel, Menteri Pertahanan Israel Ahmad Vahid menegaskan, angkatan bersenjata Iran akan membalas dengan kekuatan penuh setiap agresi dan ancaman.

Bahkan sebelumnya, wakil panglima militer Iran Brigjen Masoud Jazayeri mengingatkan 'kehancuran' Israel jika negara Yahudi itu menyerang. Bahkan diingatkannya, respons Iran bukan cuma akan terbatas di Timur Tengah saja.

(ita/vit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar